Ads (728x90)

Pendahuluan

1. PengertianRegistryRegedit

Registry adalah informasi database yang berada pada sistem operasiMicrosoft Windows 95 keatas. Database ini menyimpan pengaturan yang kita lakukan pada komputer. Setipa kali program dimulai dan setiap kali Windowsmelakukan suatu operasi, registry akan mengisinya dengan variabel yangmengatur system komputer.2.Dimana Registry disimpan ?System.Dat Pada saat kita melakukan penghidupan komputer ( Booting ), windows pertamakali akan mencari dan mengakases file System.dat, sebelum menyentuh bagian bagian lain dari registry.
System.dat akan menyimpan data-data khusus yang berhubungan dengan system komputer yang kita pakai. Oleh karena itu, suatu file system.dat pada komputer sifatnya adalah unik dan spesifik. Kita tidakdapat memindahkan file ini ke suatu system komputer lainnya. jika hal itu kita lakukan akan menjadi kemacetan sistem operasi windows.User.Dat Windows akan membaca file User.dat sesudah membaca file system.dat Berbeda dengan system.data yang hanya terdapat satu file saja, file user.dat ini akan mempunyai beberapa file dengan nama dan kemampuan yang sama.Jumlah User.dat bergantung pada jumlah pemakai yang logon ke sistem komputer. Sebagai contoh, seorang pemakai yang bernama ndaru memakai atau log onke system komputer. Pada saat kotak dialog log on, maka windows akan membuatsuatu data tentang user yang bernama ndaru tersebut. File user.dat berisi informasi pemakai yang spesifik, seperti pasword dan preferensi aplikasi individual. File user.dat yang berada pada direktory profilakan diload setelah file user.dat yang ada diserektori windows. jika terjadikonflik antara dua file ini, informasi yangmengalami konflik pada user.datprofile yang kan dipakai. User.dat utama(Default) yang berada pada direktory windows, akan berisi informasi konfigurasi system, seperti Control panel,setting aplikasi,pengelompokan menu pada start menu, file-file Desktop, dan sebagainya. User.dat yang berada pada direktory profil berisi informasi yang sebagianbesar sama dan akan dipakai sebagai informasi yang memiliki hak yang lebih tinggi dari pada user.dat yang berada di direktory Windows. Pada saat windows di matikan ( Shut down ), secara otomatis ia akan membuat suatu salinan dari file system.dat dan user.dat di direktory windows.Sedangkan user.dat yang lain juga akan membuat cadangannya. Salinan dari file system.dat adalah system.da0 sedang untuk user.dat adalah User.da0. Kedua file salinan ini akan amat berguna untuk proses pemulihan jika terjadi kerewelan pada windows.Shortcut untuk Shutdown
Untuk mempercepat shutdown Anda bisa membuat shortcut pada desktop. Caranya :
1. Klik kanan area kosong pada desktop lalu pilih New - Shortcut.
2. Pada command line ketikkan c:\windows\rundll32.exe user, exitwindows.
3. Klik next dan beri nama shortcut tersebut.
4. Terakhir klik Finish.
Shortcut untuk Log Off
Untuk mempercepat log off Anda bisa membuat shortcut pada desktop. Caranya :
1. Klik kanan area kosong pada desktop lalu pilih New - Shortcut.
2. Pada command line ketikkan C:\WINDOWS\RUNDLL.EXE shell32.dll,SHExitWindowsEx 0
3. Klik next dan beri nama shortcut tersebut.
4. Terakhir klik Finish
Reboot tanpa loading
Bila Anda melakukan boot ulang Windows, sistem operasi ini akan me-restart PC dan kemudian masuk kembali ke Desktop Windows. Bagi Anda yang sering bolak-balik meng-install aplikasi, lama-kelamaan kewajibawan’ boot ulang Windows ini menjadi kurang praktis. Pada dasarnya aplikasi yang meminta restart Windows hanya memerlukan update registry Windows saja. Untuk itu ada cara yang lebih cepat yang dapat Anda lakukan. Caranya dengan menekan tombol [Shift] ketika melakukan restart karena Windows hanya akan melakukan start ulang, tanpa me-load BIOS
Mengcopy dari Dos Prompt
Suatu saat kamu mungkin ingin melakukan copy tampilan text yang ada pada Dos Prompt. Untuk itu ikuti tips berikut :
Klik icon Mark yang terletak pada toolbar Dos Prompt.
Pilih area yang ingin Anda copy dengan melakukan drag.
Tekan icon Copy.
Setelah itu Anda dapat melakukan Paste, misalnya pada Notepad, MS Word, dll.
Mencetak daftar file pd folder
Sistem operasi Windows tidak menyediakan fasilitas untuk mencetak daftar file pada suatu directory. Tapi dengan sedikit tips berikut Anda bisa melakukannya. Caranya dari menu Start, —> Run. Ketikkan command /c dir>prn lalu klik OK atau cukup tekan Enter.
Mengetahui IRQ yang telah digunakan
1. Klik kanan pada icon My Computer.
2. Pilih Properties.
3. Pindah ke tab Device Manager.
4. Pilih Computer dan klik Properties.
Selanjutnya akan muncul tampilan yang menginformasikan IRQ mana saja yang telah digunakan dan “siapa” yang menggunakan IRQ tersebut.
Membuka link pada window baru
Khusus Internet Explorer, untuk membuka link pada window atau jendela baru, caranya tekan shift lalu klik link tersebut. Selain itu juga bisa dengan mengklik kanan pada link dan pilih Open in New Window
Mengubah Icon Drive dengan AutoRun
Pernah lihat icon Drive CDROM yang berubah ketika kita memasukan sebuah CD? nah.. hal yang sama bisa juga kita praktekkan pada Drive Harddisk. Bukalah Notepad anda dan ketik :
[autorun]
icon=nama icon.ico
Save dengan nama autorun.inf dan letakan di root drive yang dituju ( ct : C:\ atau D:\ )
Selanjutnya, letakan file icon yang kita inginkan di tempat yang sama dengan file autorun.inf, lalu restart komputer anda.
Tips : agar tampilan file di drive tidak berantakan, ubah atribut kedua file tersebut menjadi hidden.
Kerusakan pada file win.com
Saat booting windows Anda menampilkan pesan:
The following file is missing or corrupted: Win.com
The following file is missing or corrupted: Win.com
Program too big to fit in memory Cannot find Win.com, unable to continue loading Windows
Program too large
Untuk mengatasinya, Anda harus membuat file win.com baru dengan cara mengekstrak file win.cnf dari CD Windows. Langkah komplitnya sebagai berikut :
Ekstrak file win.cnf dari CD Windows ke folder C:\Windows.
Setelah diekstrak kemudian gantilah nama win.cnf menjadi win.com. Caranya : ren c:\windows\win.cnf c:\windows\win.com
Shortcut ke pengaturan system
Biasanya anda harus mengklik kanan desktop lalus Properties Sebenarnya ada cara yang lebih cepat yaitu dengan menggunakan shortcut. Caranya :
1. Klik kanan pada desktop, pilih New - Shortcut.
2. Pada command line, ketikkan C:\WINDOWS\CONTROL.EXE Sysdm.cpl, System,1
3. Klik next dan beri nama shortcut tersebut.
4. Terakhir klik Finish.
Menembus Proteksi PC Security TM
Kalau kamu penggemar software-software proteksi buat windows, kamu pasti kenal dengan software yang satu ini. PC Security adalah software proteksi untuk file-file, sistem, boot dan lain-lain yang dilengkapi dengan fiture-fiture proteksi yang menarik. Untuk dapat masuk dan merubah setting proteksinya, kamu harus ident sebagai administrator PC security dan untuk ini akan dimintai password. Agar kamu bisa login tanpa melewati password, caranya cari file yang namanya sdeamon.exe dan winwd.exe yang merupakan file bawaan PC Security TM, file ini dihidden dari windows, jadi masuk lewat DOS. Biasanya letaknya di direktori c:\windows atau c:\windows\system. Delete kedua file ini dan kamu akan bisa masuk ke PC Security TM dengan mudah dan merubah settingnya tanpa dimintai password.
Membuat Startup Disk
Start Up disk adala sebuah disket Untuk booting awal jika windows kita punya masalah dan harus kita instal ulang cara pembuatannya
Pertama I Saat kita pertama kali instal windows pasti ditanyakan Ingin buat dis Star Up Tidak jika ya Maka masukkan Disk dan Klik oke tunggu beberapa saat sampai proses selesai dan jadilah disk Star Up
KeduaIIKlik Start—>Setting—>Controlpanel—->AddRemove Program>disk Starup——- Masukkan disket —–> klik starup disk
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

Post a Comment

Harap Hubungi kami Bila ada masalah